HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Resep Sambal Teri Pokak/Takokak. Gurih Pedasnya Ngena' Banget!

  


Resep Sambal Teri Pokak/Takokak. Gurih Pedasnya Ngena' Banget!

Bunda pernah denger sambel teri pokak takokak? Nggak semua Bunda pasti tau dong olahan masakan yang satu ini. Yap, soalnya memang masing-masing daerah punya nama julukan untuk masakan tersebut. Nah, kalo di tempat saya nih namanya Pokak. Sedangkan di daerah lain mungkin nih ada yang tau, Cokowana namanya.

Disini pun, Pokak nggak dimasak atau dijadikan olahan sambel loh. Pokak seringkali dimasak pedas dengan parutan kelapa, untuk dijadikan sayuran. Agar sedap, ditambah potongan-potongan ikan. Jadi, masing-masing daerah punya cara sendiri gimana menyajikan Pokak ini. bahkan, nggak banyak kok warung yang menyediakan masakan sambal pokak. Mau cobain nggak? Menu tradisional ini juga ternyata enak banget kalo dijadikan sambel. Kalo mau ambil sayur Pokak ini, ibu mertua saya harus ke kebun dulu. Soalnya, kayaknya nggak ada deh kalo nyari Pokak di pasar. Kalopun ada, pasti susah banget nyarinya.

Pokak atau Takokak ini ternyata manfaatnya segudang loh, Bun. Buah ini kalo nggak diolah, ya rasanya bakalan pait. Ukuran pohonnya sih kecil, terus ada duri dan banyak rambutnya. Tapi kalo bunganya nih, ada 5 kelopak, warnanya putih. Nah, buahnya yang diambil untuk diolah jadi masakan. Rata-rata buahnya punya garis tengah cuman 1 cm aja. Selain bagus untuk mencegah tulang keropos, Pokak juga berkhasiat untuk mengobati mata, mengatasi koreng atau bisul, mengatasi batuk kronis, mastitis, dan masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong, sambel pokak cara bikinnya gampang banget. Bahan utamanya tetep Pokak ini. Jadi kalo mau nyobain bikin resepnya nih, harus pastiin ada stock Pokak. Untuk Bunda yang punya kebun atau pekarangan dengan tanaman Pokak ini, waktunya dieksekusi nih resepnya. Dijamin deh nggak bakalan nyesel karena udah cobain.

Bahan-bahan :

  • 100 gram pokak/takokak
  • 50 gram ikan teri
  • 2 lembar daun jeruk
  • secukupnya Gula dan garam

Bumbu halus :

  • 5 buah Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabe merah besar
  • 7 buah cabe rawit merah

Langkah Membuat :

  1.  Goreng ikan teri sampai matang dan kering. Sisihkan
  2.  Keluarkan isi pokak dengan cara di ulek kasar, agar mudah dikeluarkan isinya saya rebus sebentar atau bisa juga langsung di ulek ya, sesuai selera saja.
  3.  Tumis bumbu halus, tambahkan pokak/Takokak. Beri air, masak sampai matang. Tambahkan ikan teri medan, gula dan garam, aduk rata dan masak sampai bumbu meresep. 
  4. Angkat dan Sajikan

Nah, gimana nih, Bun? Duh, sedepnya punya menu baru sambal Pokak, ditambah teri lagi. pasti gurih dan pedasnya bener-bener nyatu dan nggak bakalan bisa berenti sebelum perut bener-bener kenyang. Dijamin nih, rasanya nggak ada duanya. Bikin betah di depan piring dan terus cocol sambalnya. Selamat mencoba ya, Bun. Semoga keluarga suka!

Sumber : https://www.modern.id/2018/05/resep-sambal-teri-pokaktakokak-gurih.html

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait