HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Resep Kembang Goyang Wijen Khas Betawi Gurih Renyah

 

Resep Kembang Goyang Wijen Khas Betawi Gurih Renyah

Bunda udah pernah tahu jajanan tradisional Indonesia kue kembang goyang, kan? Biasanya yang faham dengan jajanan ini para Bunda yang aslinya dari Betawi. Soalnya aslinya emang dari Betawi, nama kembang goyang ini dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga dan proses bikinnya yang digoyang-goyang sampai adonannya lepas dari cetakan Bunda. Unik sih memang nama sama bentuknya, tapi enggak cuma itu. Soalnya, rasanya juga enak banget.

Jajanan jenis kue kering ini bikinnya dari tepung beras yang digoreng, Bun. Karena perkembangan jaman, sekarang banyak banget varian rasa dari ku ini, warnanya juga makin cantik-antik. Misalnya saja rasanya ada pandan, biji wijen, framboze, dan masih banyak lagi. Tapi yang paling banyak disukai ada resep kembang goyang wijen.

Biasanya kue kembang goyang ini jadi suguhan waktu ada hajatan Bunda, di Betawi jajanan ini jadi suguhan yang khas banget. Selain di acara hajatan, banyak juga masyarakat yang bikin ketika ada hari besar seperti Idul Fitri dimana semua keluarga biasanya berkumpul. Kalo Bunda bukan asli orang Betawi, enggak masalah kok menyajikan jajanan ini ketika lagi ngumpul keluarga. Siapa tahu banyak yang suka, karena rasanya yang enak dan renyah. Biasanya disajikan di dalam toples Bunda, jadi rasa renyahnya masih tetap terjaga. Resep kembang goyang wijen dibikin sendiri bakalan lebih enak loh Bunda.

Karena rasanya yang enak, dan cocok buat cemilan di rumah Bunda bisa loh nyoba bikin sendiri di rumah. Mungkin aja di daerah Bunda enggak ada yang jual, jadi bikin sendiri bakalan seru. Lagian kalo bikin sendiri di rumah porsi dan warna bisa disesuaikan, Bunda. Bakalan lebih asik kayaknya. Nah, berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep kembang goyang wijen di rumah;

Bahan-bahan

  • 250 gr tepung beras
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 350 ml santan ( saya 2 sachet santan instan @60ml + 230ml air matang)
  • 4 sdm gula pasir ( saya 5 sdm)
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk (tambahan dari saya)
  • 1 sdm pasta pandan (tambahan dari saya)
  • secukupnya Wijen putih (tambahan dari saya)

Langkah Membuat :

  1. Dalam wadah, campur : tepung beras+gula pasir+garam+vanili bubuk. Aduk rata. Campur santan+telur kocok, tuang perlahan ke campuran tepung. Aduk rata dan saring agar tidak ada yg bergerindil.
  2. Adonan saya bagi dua,, satu original, satu lagi saya beri pasta pandan. Beri masing2 adonan dgn wijen secukupnya.
  3.  Panaskan minyak goreng yg banyak, rendam cetakan kembang goyang kedalam minyak panas, lalu celupkan ke adonan. Pastikan agar adonan tidak menutupi cetakan, agar adonan tidak lengket dan mudah lepas.
  4. Goyang2kan cetakan hingga adonan kembang goyang terlepas. Goreng dgn api sedang. (Menggorengnya sebentar saja, karena kembang goyang akan matang didarat). Angkat dan Tiriskan.

Saran Penyajian

  1. Jika minyak sudah menghilang dari kembang goyang, letakkan dalam toples cantik.
  2. Kembang goyeng wijen lebih enak disajikan dengan teh hangat.

Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep kembang goyang wijen di rumah. Enggak repotkan? Bahannya juga gampang dicari. Kalo enak siapa tahu bisa jadi lahan bisnis di rumah. Selamat mencoba ya Bunda, terimakasih.

Sumber : https://www.modern.id/2018/03/resep-kembang-goyang-wijen-khas-betawi.html

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait