HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Resep Sambal Tumpang Spesial Khas Kediri


 Resep Sambal Tumpang Spesial Khas Kediri

Hampir semua masyarakat Indonesia, nggak peduli yang masih kecil atau yang udah tua, suka dengan makanan pedas, termasuk sambal. Bahkan, kalo nggak ada sambal di rumah, rasanya makan kurang nikmat. Fried chicken, burger, pizza, dan beberapa makan yang lainnya mungkin cuman selingan. Nah, kalo Bunda lagi bingung mau coba resep apa, gimana kalo cobain nikmatnya resep sambal tumpang?

Sambal tumpang termasuk salah satu makanan khas dari indonesia loh Bunda. Kalo Bunda sering datang ke berada di beberapa daerah di Jawa, mungkin Bunda pernah menemuinya. Sambal tumpang adalah makanan yang diolah dari tempe, santan, dan beberapa bumbu yang kukus sebelum dimasak.

Asal menu sambal tumbang yaitu Kediri dan rasanya bener-bener khas. Kenapa sih disebut dengan sambal tumpang? Soalnya sambal tumpangnya berada di atas, dipadu dengan nasi dengan sayuran rebus. Tetapi beberapa orang memanggil sambal tumpang ini dengan sebutan ‘sambal lethok’. Kalo di daerah lain, jenis makanan kayak gini memang ada, cuman memiliki nama lain. Sekalipun khas dari Kediri, tetapi beberapa daerah juga banyak yang menjualnya, tentu saja dengan rasa yang agar berbeda. Bahkan Bunda juga bisa membuat resep sambal tumpang ala rumahan juga loh.

Karena uniknya kuliner sambal tumpang ini, tidak heran masih banyak yang suka. Sebenarnya sambal tumpang ini terbuat dari tempe yang agak busuk dan diberikan bumbu sehingga rasanya juga semakin lebih enak. Sayangnya, belakangan ini sambal tumpang semakin jarang untuk ditemui.

Untuk itu Bunda, ada baiknya untuk membuatnya sendiri untuk keluarga di rumah. Sambal tumpang ini tidak hanya dapat digunakan untuk hidangan keluarga Bunda ketika sedang berkumpul loh, Bunda juga bisa kok membuatnya untuk hidangan hajatan kecil – kecilan, misalnya ada perkumpulan ibu-ibu di rumah, resep sambal tumpang akan menjadi makanan yang khas dan cocok.

Terus gimana sih cara membuat sambal tumpang? Bunda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa langkah resep sambal tumpang yang enak dan dapat dipraktekan di rumah:

Bahan – bahan : 

  • 400 gram tempe semangit, potong – potong
  • 4 siung bawang putih
  • 2 bawang merah 100 gram
  • 2 cabe merah besar
  • 8 buah cabe rawit
  • 1 sdt gula palm
  • 2 buah daun jeruk, sobek – sobek
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt kencur bubuk
  • 600 ml air untuk merebus
  • 500 ml santan
  • 150 gram buncis, potong – potong
  • 1 buah wortel, potong – potong
  • 150 gram bayam, potong – potong

150 gram tauge

Langkah membuat resep sambal tumpang : 

  1.  Rebus semua bahan, kecuali garam, gula, kencur bubuk. Jika menggunakan kencur yang masih segar, maka dapat direbus juga.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe lalu tambahkan kencur bubuk. Tumbuk  tempe, tidak perlu terlalu halus. Tambahkan daun jeruk (tidak perlu ditumbuk).
  3.  Masukkan ke dalam panci, beri santan, garam, dan gula. Masak sampai matang. Cicip rasanya dan angkat.

Cara menyajikan resep sambal tumpang enak : 

  1.  Setelah matang dan diangkat, anda dapat meletakkan  sayuran yang telah direbus pada mangkuk hias.
  2.  Kemudian sayuran siram dengan menggunakan sambal tumpang yang sudah matang tadi.
  3.  Makan bersamaan dengan kerupuk jika Bunda dan keluarga suka.
  4. Sambal sudah dapat dinikmati.

Itulah resep sambal tumpang yang dapat diikuti dan dibuat di rumah. Jika rasa masakkan Bunda enak, tidak ada salahnya untuk membuat bisnis sambal tumpang. Karena belakangan ini jarang ada yang menjualnya, rasanya hal tersebut bisa jadi peluang bisnis yang menggiurkan loh. Selamat mencoba Bunda!

Sumber : https://www.modern.id/2018/02/resep-sambal-tumpang-spesial-khas-kediri.html

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait